STIP Jakarta

Wednesday, 22 November 2017 02:19

Berita Utama

Focus Group Discussion Pola Pembinaan Pendidikan Tinggi Pelayaran

There are no translations available.

Hari ini (15/11), telah dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Holiday Inn,Sunter - Jakarta. Kegiatan yang di buka oleh Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Dr. Ir. Joko Sasono, M. Sc (Eng) memberikan sambutan yang sangat luar biasa, dengan merangkum 3 tema diskusi hari ini, beliau menyampaikan perlunya penerapan sistem teknologi modern dan sistem manajemen modern untuk menghasilkan lulusan STIP berkarakter industri.

Seperti narasi sebelumnya, 3 topik diskusi di presentasikan oleh nara sumber hebat, seperti :

  1. Nara sumber pertama, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Capt. Sahattua P. Simatung, MM., MH dengan topik " Pola Pembinaan Pendidikan Tinggi Pelayaran Berkarakter Industri".
  2. Nara sumber kedua, Kepala BP3KSDMT, Joko Santoso dengan topik " Kurikulum Dan Sylabi Pendidikan Karakter"
  3. Nara sumber ketiga, Direktur Pembelajaran Kementerian Ristekdikti, Dr. Parisdianti dengan topik " Penguatan Pendidikan Karakter Industri Pada Lembaga Diklat Tinggi Pelayaran"

Kegiatan yang di hadiri oleh juga oleh kepala BNSP, Asosiasi/BUMN/Perusahaan Pelayaran,Unit Organisasi Di Ling. Kementerian Perhubungan, dan Unit Kerja Di Lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan sangat memberikan masukan bagi STIP Jakarta.

Add a comment
 

Penyuluhan Kanker Serviks, Sosialisasi Vaksin HPV & Pemeriksaan Papsmear dan Sadari di STIP Jakarta

There are no translations available.

(10/11) STIP Jakarta pada hari ini mengadakan kegiatan “Penyuluhan Kanker Serviks, Sosialisasi Vaksin HPV & Pemeriksaan Papsmear dan Sadari” di Auditorium STIP. Kegiatan ini  diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta dan bekerjama dengan Unit Kesehatan STIP, bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada para peserta yang hadir untuk memahami penyakit kanker servik, vaksi HPV, pemeriksaan papsmear dan sadari.

Pada kesempatan yang sama hadir Ketua STIP Capt. Sahattua P. Simatupang, MM., MH, Penasehat Dharma Wanita Persatuan STIP Rosdiana Sahattua P. Simatupang, Para Pengurus Dharma Wanita Persatuan STIP, Pejabat  Struktural dan Fungsional STIP, Karyawati STIP, serta taruni – taruni STIP.

Untuk memberikan sebuah informasi dan edukasi terkait “Kanker Serviks, Vaksin HPV & Pemeriksaan Papsmear dan Sadari” maka STIP mengundang narasumber untuk mengisi acara. Adapun narasumber yang hadir adalah :

  1. Dr. Mahsun Muhammadi MKK dari PT. BIO Farma
  2. Ani Rohyani, Amd dari Laboratorium Klinik Prodia

Para narasumber memberikan informasi kepada peserta yang hadir agar lebih memahami terkait kanker Servik. Karena kanker servik atau kanker leher rahim merupakan masalah global di dunia terutama di negara berkembang, karena jumlah penderitanya terus meningkat, demikian pula kematian yang diakibatkannya. Kanker servik dan kanker payudara merupakan dua jenis kanker penyebab kematian tertinggi wanita Indonesia. Kejadian kanker ini sangat mempengaruhi hidup penderita dan keluargannya serta juga sangat mempengaruhi sektor pembiayaan kesehatan oleh pemerintah. Hal ini adalah sebuah ironi, karena penyakit ini sebetulnya dapat dicegah. Oleh sebab itu, peningkatan upaya penangganan kanker serviks terutama dari segi pencegahan, sangat diperlukan. Upaya promotif-preventif ini diharapkan dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian. Dengan adanya deteksi dini menggunakan papsmear atau IVA untuk kanker serviks, dan sadari untuk kanker payudara. Kejadian kanker dapat ditemukan lebih awal dari sehingga untuk keberhasilan pengobatan pun menjadi semakin besar. Selain itu, pemerintah juga telah memperkenalkan vaksin HPV yang efektif mencegah serangan virus penyebab kanker serviks.

Berdasarkan informasi dari para narasumber maka peserta yang hadir diarahkan untuk melakukan pemeriksaan papsmear sebanyak 56 orang dari para pegawai dan istri pegawai STIP. Sedangkan untuk pemeriksaaan sadari dilakukan oleh 136 taruni-taruni STIP.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini maka STIP membuktikan kepeduliannya untuk menyambut “Bulan Kanker Serviks” yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan RI, sehingga diharapkan wanita Indonesia bisa melakukan pencegahan penyakit Kanker Serviks secara dini dengan penanganan yang tepat.

Add a comment
 

Pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Oleh Ketua STIP Jakarta

There are no translations available.

(9/11) Pada hari kamis ini  Ketua STIP Capt. Sahattua P. Simatupang, MM., MH di Auditorium membuka “Diklat Pemberdayaan Masyarakat” yang diikuti oleh 70 peserta yang berasal dari kawasan Belitung Timur. Dalam acara ini hadir pula pejabat STIP diantaranya Puket I Dr. Capt. Mugen S., M.Sc, Puket II Capt. Jaja Suparman, MM  dan  Ka. BAAK Capt. Supendi, M.MTr , dan  Kapus P3M Pande Irianto Subandrio S, MM.  Adapun jenis diklat yang akan diikuti oleh peserta diklat yaitu :

  1. Diklat BST                         = 8 Hari
  2. Diklat  AFF                        = 4 Hari
  3. Diklat  SAT                        = 1 Hari
  4. Diklat Rating Navigation      = 25 Hari
  5. Diklat  Rating Engineer       = 25 Hari

Ketika sudah mengikuti Diklat Pemberdayaan Masyarakat dalam bidang ilmu kelautan maka peserta akan mendapatkan Buku Pelaut dari Syahbandar. Dalam kesempatan yang sama pula Ketua STIP Capt. Sahattua P. Simatupang, MM., MH memberikan sambutannya yang berisikan bahwa diharapkan peserta yang mengikuti diklat ini agar dapat memanfaatkan kesempatan dengan baik sehingga sepulang dari STIP nantinya dapat menerapkan ilmu yang telah didapatkan untuk membantu pemerintah dalam membangun kawasan Belitung Timur khususnya yang berhubungan dengan laut.

Add a comment
 

FGD DENGAN TEMA NILAI STRATEGIS INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA

There are no translations available.

Rabu (08/11), Dalam rangka program pembinaan karakter dan pengarahan bagi taruna/i STIP, pejabat struktural/fungsional STIP dan dosen STIP dilakukan Forum Grup Discussion (FGD) dengan tema “ NILAI STRATEGIS INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA”  Nara Sumber Ambassador Dewa Made Juniarta Sastrawan,SE.,MA  selaku staff khusus Menteri Perhubungan Bidang Hubungan Internasional di ruang Auditrorium STIP Jakarta.

Nara sumber yang didampingi langsung oleh Ketua STIP, Capt. Sahattua P.Simatupang,MM.,MH memberikan tambahan wawasan secara Internasional berdasarkan materi dan pengalaman kerja bapak DM Juniarta Sastrawan.

Materi yang di bagi bermula dari Pidato Presiden Indonesia , Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maritim. Dilanjutkan dengan sejarah kemaritiman Indonesia secara empiris dan histori di sampaikan oleh bapak Ambassador dengan presentasi sederhana namun berbobot.

Add a comment
 

Kerjasama Antara Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta Dengan Universitas Malaysia Terengganu (UMT) - Malaysia

There are no translations available.

Pada hari Minggu (05/11), Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta kedatangan tamu  dari University Malaysia Terengganu  (UMT) Malaysia yaitu calon peserta diklat Radar Simulator berjumlah 10 orang yang akan duduk sebagai peserta diklat di STIP Jakarta periode 06 s.d 10 November 2017.

Rombongan Peserta Diklat Dari University Malaysia Terengganu (UMT) yang dipimpin oleh Mr.Hafiz  tiba bersama 9 (sembilan) orang lainnya pada pukul 10.00 WIB dan di sambut secara hangat oleh Pembantu Ketua I STIP , Dr.Capt. Mugen Sartono,M.Sc  mewakili Ketua STIP Jakarta, Ka.Sub.Div. Pengembangan & Kerjasama ,Vidya Selasdini,S.SiT.,M.MTr, dan Tim Perwira Jaga Minggu, 05 November 2017 di Ruang Maritim STIP. Adapun kesepuluh peserta tersebut , satu diantaranya adalah wanita dan sisanya pria.

Acara dimulai degan ramah tamah yang berjalan santai dan penuh rasa kekeluargaan, di lanjutkan pemutaran Video Profile baik dari STIP dan UMT.

Diklat Radar Simulator adalah diklat yang lebih mengutamakan praktek dan terdiri dari beberapa pelatihan yang dilakukan pada sebuah radar simulator dengan dua atau lebih “own ships” dan beberapa lainnya yang di kontrol oleh Instructor. Setiap pelatihan bersangkutan dengan pengamatan setiap pergerakan kapal yang terlihat dalam radar, mengenali penyebab bahaya tabrakan dan mengambil tindakan untuk mencegah terjadinya tabrakan. Dari Calon diklat menjadi peserta diklat dengan di buka nya Diklat Radar Simulator ini secara resmi pada tanggal 06 Novemver 2017 di Gedung Agung Gumelar oleh Kepala Divisi Pengembangan Usaha, Abdul Rochman,MM, Ka.Sub.Div. Pelayanan Diklat Pelaut,  Buswan,M.Pd dan Kanit Sarana Praktek Laut Capt. Boyke Aries S, MM yang juga instruktur pada pelatihan diklat ini.Sertifikat yang nantinya diterbitkan oleh STIP merupakan sertifikat offline yang hanya digunakan terbatas.

Add a comment
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>
Page 1 of 83

Contact Us

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

HP : 082299888151

E-mail

Admin:
webmaster@stipjakarta.ac.id

webmasterstip@dephub.go.id

Humas :

humas@stipjakarta.ac.id

humas_stipjakarta@dephub.go.id


Diklat Pelaut:
div_pu@stipjakarta.ac.id

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:
ks-pkn@stipjakarta.ac.id



imo

 


Web Analytics