STIP Jakarta

Rabu, 22 November 2017 21:53

Berita Utama

KONSINYERING PENGEMBANGAN MATERI UJI KOMPETENSI LSP STIP

Konsinyering Pengembangan Materi Uji Kompetensi dilaksanakan dari tanggal 01 – 03 November 2017 di hotel Fave Bogor dan dibuka oleh Ketua STIP, Capt.Sahattua P.Simatupang, MM.,MH.

Lembaga Sertifikasi Profesi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran , bersertifikasi lisensi No : BNSP-LSP-682-ID bertujuan melengkapi para calon pekerja dan pekerja di bidang jasa kepelabuhanan dan angkutan laut dengan sertifikat jabatan yang berlaku di dalam dan di luar negeri sehingga diperlukan konsinyering dalam rangka pengembangan materi Uji Kompetensi agar kompetensi lulusan STIP yang tersertifikasi memiliki kompetensi dan kemampuan sesuai dengan kebutuhan dunia pelayaran yang sangat berkembang pesat.

Pelaksanaan kegiatan ini di tutup secara singkat oleh Pembantu Ketua II, Dr. Capt.Jaja Suparman,MM.

Add a comment
 

Launching Buku “Facing Word Maritime Fulcrum ( Menyongsong Poros Maritim Dunia ), Between Threats dan Oportunities ( Di Antara Ancaman dan Peluang )”

Selasa (31/10) Ketua STIP Jakarta, Capt. Sahattua Simatupang, M.M., M.H. hari ini menghadiri peluncuran serta bedah buku yang berjudul “Facing Word Maritime Fulcrum ( Menyongsong Poros Maritim Dunia ), Between Threats dan Oportunities ( Di Antara Ancaman dan Peluang )” karya Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat Laksamana Muda TNI Aan Kunia, S.sos.

Acara yang berlangsung di Aula Yos Sudarso Mako Koarmabar ini dihadiri pula oleh beberapa pejabat TNI / Polri , dan para mantan Kepala staf Angkatan Laut , Kalangan Akademisi dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri serta mengundang beberapa perwakilan beberapa perwakilan Siswa Sesko TNI.

Buku ini membahas tentang posisi strategis Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, dimana Indonesia harus tetap kokoh dalam menghadapi berbagai ancaman (threats) sekaligus bisa memanfaatkan berbagai peluang (opportunities) yang ada. Dimana dalam upaya pencapaianya, ada lima pilar yang diharapkan menjadi lokomotif pengerak komponen bangsa, yaitu membangun budaya maritim, menjaga dan mengelola sumber daya maritim, membangun konektivitas maritim, memperkuat diplomasi maritim dan terakhir adalah membangun kekuatan pertahanan maritim. Panglima Armabar dalam bedah buku menyatakan bahwa "KUNCI KEBERHASILAN ADALAH SYNERGITAS".

Add a comment
 

Seminar sehari hasil penelitian dosen STIP

Selasa (31/10) STIP melalui pusat penelitian dan pengabdian pada masyarakat melaksanakan kegiatan seminar sehari dengan tema “Kajian Motivasi Penelitian Dosen Serta Peran Aktif Perempuan Dalam Industri Pelayaran Guna Meningkatkan Keterampilan SDM Yang Handal Dan Profesional”. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyampaikan  pemaparan  dari beberapa hasil penelitian para dosen STIP. Kegiatan seminar yang dibuka oleh Puket 1, Dr. Capt. Mugen Sartoto ini dilaksanakan  di ruang AVA STIP dan berlangsung selama satu hari.

Ada 5 topik yang akan dipaparkan pada seminar hari ini, antara lain  “Analisis Kepuasan Penumpang Terhadap Pelayaran Di Terminal Penumpang Pelabuhan Tenau Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur” dengan pembicara Capt. Sahattua P. Simatupang, M.M., M.H., April G. Malau, S.Si., M.M., Larsen Barasa, S.E., M.MTr., Ir. Theo J. Frans Kalangi, M.T. dan “Kesadaran Gender Pelajar Perempuan Dalam Industri Pelayaran” dengan pembicara Purnama N.F. Lumban Batu, M.Hum., Laila Puspita Sari, M.Pd., Capt. Pujiningsih, M.MTr.

Dalam sambutanya, Puket 1 mengharapkan agar dari hasil seminar penelitian ini nantinya dapat  meningkatkan kemampuan dan pengetahuan seluruh peserta yang hadir baik dosen maupun peserta didik lainnya.

Add a comment
 

Giat Sarasehan Dan Motivation Training Ka. UPT Badan PSDM Perhubungan Di Hotel Best Western Premier The Hive Cawang

Acara yang digelar dalam rangka mendengarkan pendapat atau saran dari seorang ahli dalam bidang tertentu atau motivator untuk memecahkan atau menuntaskan masalah yang terjadi atau meningkatkan semangat berupa inspiratif ide, wawasan, gagasan maupun inovasi.Sarasehan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 29 Oktober 2017 di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan - Kementerian Perhubungan di hadiri oleh seluruh Kepala UPT  beserta ibu di bawah pembinaan Kepala badan PSDM Perhubungan.

Dimulai dengan makan malam bersama diiringi hiburan dari Taruna Sekolah Tinggi Ilmu Transportasi darat (STTD) Bekasi, dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh Sekretaris Badan Pengembangan SDM Perhubungan Moh.Yugi Hartiman dan sambutan ketua panitia penyelenggara yaitu Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Dr.Ir. Joko Sasono. Acara utama yaitu motivasi dari Louis Sastrawijaya bertema “ Successful Career And Happy Family” di sampaikan Bahwa  Dahulu Dunia Percaya Us Dan Soviet adalah negara adidaya, saat ini China ternyata bergerak maju cepat dan dalam dunia pelayaran menempati urutan teratas dari segi jumlah pelaut terbanyak.

Prediksi apapun yang diberitakan saat ini masih bisa berubah. Indonesia pun berpotensi menjadi negara besar. Yang perlu diperhatikan oleh kita bersama adalah sbb :

  1. Memiliki gratefulness atau rasa bersyukur,
  2. Memiliki generosuty atau keinginan untuk saling berbagi,
  3. Memiliki potensi diri untuk memaksimalkan inner resources atau kemampuan diri yang besar dan didukung outer resources atau sumber daya eksternal yang besar secara bersamaan bila memungkinkan,
  4. Memiliki sikap positif kepada orang lain dan pasangan kita,
  5. Bisa memahami dan bisa dipahami secara bersamaan,
  6. Mau mendengar lebih banyak,
  7. Memiliki passion dalam bentuk ambisi atau keinginan yang didukung dengan visi atau pandangan jauh kedepan,
  8. Menguasai Teknologi Informasi dan Sistem Informasi dengan latar belakang Industri primer, sekunder dan tertier,
  9. Memiliki mindset dalam berkomunikasi yang terefleksi dalam perkataan dan tindakan,
  10. Tidak bersikap blame frame atau mencari-cari kesalahan,
  11. Memiliki sikap outcome frame atau berorientasi mencari solusi,
  12. Memiliki kemampuan perceptual position technique atau melihat berbagai hal baik permasalahan atau pekerjaan dan tantangan dari berbagai sudut pandang.

Semakin larut semakin peserta Sarasehan bersemangat  berkumpul bersama dengan iringan  band Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta dan bernyayi dalam kebersamaan.

Add a comment
 

29th IMLA - International Maritime English Conference

The International Maritime English Conference adalah suatu forum diskusi terbuka yang membahas tentang masalah komunikasi terkait laut dan mengenai bahasa yang diterima secara universal, yaitu bahasa Inggris Maritim. The International Maritime English Conference, dilaksanakan pada 23 Oktober 2017 hingga 26 Oktober 2017 di Korea Institute of Maritime Fisheries Technology & Korea Maritime and Ocean University di Busan, Korea.

IMEC menyediakan forum global untuk para pengajar dan semua pihak lain yang tertarik untuk belajar, mengajar, dan penggunaan bahasa Inggris Maritim. sejak pendiriannya IMEC telah menyelenggarakan 28 konferensi di seluruh dunia, diantaranya Hamburg, Germany, 1981; St. Malo, France, 1983; La Spezia, Italy, 1985; Plymouth, UK, 1987; Cadiz, Spain, 1989; Lisbon, Portugal, 1991; Amsterdam, Netherlands, 1993; Gdynia, Poland, 1995; Malm, Sweden, 1997; Shanghai, China 1998; Rijeka, Croatia, 1999; Dalian, China 2000; Varna, Bulgaria, 2001; Qingdao, China, 2002; St Petersburg, Russia, 2003; Manila, Philippines, 2004; Marseille, France, 2005; Rotterdam, Netherlands, 2007; Shanghai, China, 2008; Szczecin, Poland, 2009; Alexandria, Egypt, 2010; Constanta, Romania, 2011; Yangon, Myanmar, 2012; Istanbul, Turkey, 2013; Terschelling, Netherlands, 2014; Johor, Malaysia, 2015; Gothenburg - Sweden, 2016.

Pada kesempatan kali ini, STIP mengirimkan  perwakilannya yaitu Kepala Unit Bahasa Tristanti, SS, M.Pd dan Nancy Lumban Batu. Pada acara ini, STIP juga mengirimkan beberapa paper. Paper yang disubmit dalam acara ini antara lain, A Path Leading to Sea Development (Mujgan Ozeniir, Jane Magallon, Tristanti Agasta), Maritime Cadet’s Interest in Accessing YouTube, Wikipedia and Pinterest For Improving Their English Competency (Tristanti Agasta, Antoni Arif Priadi, Sari Kusumawati) dan The Plural of Ancedote is Not Data - A Study on Different World Views helds by Asian and European Students of Nautical Sciences (Peter Bjorkroth, Nancy Lumban Batu, Peter Jhon). Dengan paper ini diharapkan dapat menambah koleksi jurnal internasional yang dimiliki oleh STIP Jakarta.

Add a comment
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>
Halaman 2 dari 83

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

HP : 082299888151

E-mail

Admin:
webmaster@stipjakarta.ac.id

webmasterstip@dephub.go.id

Humas :

humas@stipjakarta.ac.id

humas_stipjakarta@dephub.go.id


Diklat Pelaut:
div_pu@stipjakarta.ac.id

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:
ks-pkn@stipjakarta.ac.id



imo

 


Web Analytics