STIP Jakarta

Sabtu, 22 Juli 2017 01:48

Berita Taruna/Peserta DIklat

Kuliah Umum Bersama Kepala Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok Mengenai Budaya Keselamatan Pada Taruna STIP Jakarta

Kepala Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok Capt. Sahattua P.Simatupang, MH,MM memberikan ceramah umum dihadapan ratusan taruna yang akan mengikuti prala/prada Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta (20/4/2016).

Dalam ceramah yang digelar di Auditorium STIP Jakarta itu, Capt. Sahattua memberikan pembelajaran berjudul “ Startegic Contribution Indonesia Cadet 2016”. Acara tersebut dipandu langsung oleh pembantu Ketua (Puket) I STIP Bidang Akademik Capt. Wisnu Risianto,MM dan Puket III Capt. Zainal Arifin,MM.

Beliau menekankan perlunya bekerja profesional sebagai cadet bahkan ketika sudah menjadi perwira kapal nanti, dengan tetap mengutamakan dan mengedepakan aspek keselamatan. Masalah keselamatan sebagai pelaut harus ditanamkan sejak dini, saat mereka menjadi taruna di kampus STIP Jakarta ini.

Sehingga pada saat mereka menjadi cadet sudah terbiasa bekerja dengan standar keselamatan yang tinggi. " Keselamatan pelayaran harus menjadi nomor satu dalam hidup dan falsafah kerja para pelaut ".

 

Add a comment
 

Ketua STIP Sidak Ke Asrama Taruna

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Pranyoto, S.Pi., MAP menginspeksi dadakan (sidak) asrama taruna. Sebelum masuk ke dalam kamar di asrama taruna, beliau menyempatkan meninjau apel taruna yang digelar pada Senin (14/3/2016) malam, sekitar pukul 22.30. Jadikan displin sebagai ruh kalian. Kalian harus tanggap, tanggon dan trengginas,” pesan dari Ketua STIP . Taruna segera menyambut dengan kata ‘siap.’

Setelah memeriksa apel ketua STIP  segera memasuki asrama taruna putra. Dan beliau memeriksa lemari dan tempat tidur taruna. Kedatangan Ketua STIP itu mengagetkan taruna, yang hendak beranjak tidur. Coba buka lemarinya, saya mau lihat, instruksi beliau. Setelah dibuka, isi lemari langsung diperiksa.

Tak hanya lemari, dia juga memeriksa kasur dan bantal taruna. Kasur diangkat dan dilihat ranjangnya. Setelah memeriksa, beliau memberikan pengarahan kepada taruna yang hendak tidur di ranjang tersebut. “Fokus kalian adalah belajar. Mempersiapkan diri menjadi anak bangsa yang hebat. Pelaut tangguh. Karena itu, jangan gagal fokus. Jangan ada kekerasan di antara taruna. Kalian harus saling asih, asah dan asuh” .

“Setelah diperiksa, tidak ditemukan satu pun barang yang tidak diperkenankan berada di dalam asrama. Tidak ada narkoba, senjata tajam dan sebagainya. Ini yang diharapkan beliau. Taruna bersih dari tindakan kekerasan dan narkoba.

Add a comment
 

Upacara Pembukaan Redisiplin Taruna Pasca Prala Angkatan 55 Gelombang II

Senin (29/2) diadakan Upacara Pembukaan Redisiplin Taruna Pasca Prala Angkatan 55 Gelombang II yang di laksanakan di Kesatrian Marinir Hartono. Jl. KKO Cilandak Jakarta selatan pada pukul 07.00 dan di hadiri oleh Pejabat Struktural dan Fungsional STIP.