STIP Jakarta

Minggu, 24 September 2017 04:50

Berita Taruna/Peserta DIklat

Kuliah Umum Taruna/i STIP Oleh Laks (Purn) Dr.Marsetio

Selasa (3/5/2016) Lakasamana TNI (Purn) Dr.Marsetio memberikan kuliah umum dihadapan 480 taruna Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, tingkat IV. Kuliah umum digelar di Auditorium STIP.

Dengan materi untuk memberikan pembekalan sekaligus menggugah semangat taruna STIP untuk menjadi pelaut yang baik, profesional dan siap bersaing yang berjudul  “Peran STIP Dalam Mewujudkan Perwira Maritim Dunia.”

Acara kuliah umum ini juga diisi dengan tanya jawab dari para taruna-taruni STIP sekaligus berbagi pengalaman dan kisah sukses saat belajar di AKABRI dulu.

Dr.Marsetio dalam paparannya selain berisi materi tentang aturan pelayaran atau UNCLOS terutama menghadapi tantangan dan dinamika yang terus beru ah di dunia pelayaran.

Seperti diketahui, Laks (Pur) Dr.Marsetio saat lulus adri Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya berhasil menjadi lulusan AKABRI terbaik . Ia pun berhak menyandang Bintang Adi Makayasa sampai menjadi akhirnya dipercaya KSAL.

Add a comment
 

Basmi ‘Kudis Dan Kurap’ Di Kampus STIP Jakarta

(22/4/2016) Pengarahan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta Pranyoto, S.Pi, MAP dihadapan para staf resimen taruna STIP saat apel pagi menegaskan, setiap taruna harus bebas dari KUDIS dan KURAP dalam dirinya.

Dikatakan Pranyoto, apa itu KUDIS, yaitu kurang disiplin. Apa itu KURAP, adalah kurang rapih. Dan taruna/i harus menerapkan hidup disiplin yang rapih yang akan ditiru oleh juniornya.

Kebiasaan kurap dan kudis ini, jika tidak segera di obati akan menjadi kebiasaan buruk dan kronis dan akan terbawa sampai lulus dan bekerja.

Dimana di dunia kerja orang yang berpenyakit KUDIS dan KURAP akan sulit berprestasi apalagi jadi pemimpin di tempatnya bekerja.

“Pemimpin besar tak akan lahir dari kehidupan yang enak dan serba cukup. Tapi butuh ujian dan perjuangan serta kerja keras dan gigih. Mulailah kerja besar sebagai pemimpin bangsa dari Kampus STIP tercinta ini,” tegas Pranyoto.

Add a comment
 

Kuliah Umum Bersama Kepala Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok Mengenai Budaya Keselamatan Pada Taruna STIP Jakarta

Kepala Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok Capt. Sahattua P.Simatupang, MH,MM memberikan ceramah umum dihadapan ratusan taruna yang akan mengikuti prala/prada Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta (20/4/2016).

Dalam ceramah yang digelar di Auditorium STIP Jakarta itu, Capt. Sahattua memberikan pembelajaran berjudul “ Startegic Contribution Indonesia Cadet 2016”. Acara tersebut dipandu langsung oleh pembantu Ketua (Puket) I STIP Bidang Akademik Capt. Wisnu Risianto,MM dan Puket III Capt. Zainal Arifin,MM.

Beliau menekankan perlunya bekerja profesional sebagai cadet bahkan ketika sudah menjadi perwira kapal nanti, dengan tetap mengutamakan dan mengedepakan aspek keselamatan. Masalah keselamatan sebagai pelaut harus ditanamkan sejak dini, saat mereka menjadi taruna di kampus STIP Jakarta ini.

Sehingga pada saat mereka menjadi cadet sudah terbiasa bekerja dengan standar keselamatan yang tinggi. " Keselamatan pelayaran harus menjadi nomor satu dalam hidup dan falsafah kerja para pelaut ".

 

Add a comment
 

Ketua STIP Sidak Ke Asrama Taruna

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Pranyoto, S.Pi., MAP menginspeksi dadakan (sidak) asrama taruna. Sebelum masuk ke dalam kamar di asrama taruna, beliau menyempatkan meninjau apel taruna yang digelar pada Senin (14/3/2016) malam, sekitar pukul 22.30. Jadikan displin sebagai ruh kalian. Kalian harus tanggap, tanggon dan trengginas,” pesan dari Ketua STIP . Taruna segera menyambut dengan kata ‘siap.’

Setelah memeriksa apel ketua STIP  segera memasuki asrama taruna putra. Dan beliau memeriksa lemari dan tempat tidur taruna. Kedatangan Ketua STIP itu mengagetkan taruna, yang hendak beranjak tidur. Coba buka lemarinya, saya mau lihat, instruksi beliau. Setelah dibuka, isi lemari langsung diperiksa.