STIP Jakarta

Selasa, 25 Juli 2017 01:41

Berita Taruna/Peserta DIklat

Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan Tahun 2017 di STIP

Sekolah tinggi ilmu pelayaran (STIP) jakarta akan menjadi tuan rumah kejuruan olahraga di tingkat Perguruan Tinggi Kedinasan bernama Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan 2017 (OPTK) yang merupakan agenda tahunan dari FMKI (Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia). Dengan tema acara "Share the Spirirt Dare to Dream" dengan harapan taruna bisa meningkatkan sportifitas dan semangat untuk disiplin, jujur dan berintegritas serta profesional para taruna/i dan Mahasiswa/i Perguruan Tinggi Kedinasan calon insan perhubungan dan aparatur sipil negara yg tanggap-tangguh-tanggon-trengginas dalam penyelenggaraan transportasi dan penyelenggaraan tugas pemerintahan serta pelayanan masyarakat lainnya kedepan, dalam rangka pengabdian bagi kemajuan Bangsa dan Negara dalam bingkai NKRI.

Serangkaian kegiatan ini akan diselenggarakan di kampus STIP Jakarta mulai tanggal 27 s/d 30 Juli 2017. Mohon doa restu dan dukungannya bersama untuk menyukseskan character building melalui OPTK 2017 di STIP Jakarta.

 

 

Add a comment
 

Pengabdian Taruna Terhadap Masyarakat Tentang Alat Keselamatan Berlayar Tahap IV

(29/04) Pada hari sabtu yang cerah ini, Taruna/I STIP  yang penuh semangat mengisi hari pesiar di kala weekend datang dengan mengadakan pengabdian masyarakat di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara.  Tim STIP yang berangkat pada agenda ini terdiri  dari Ir. Sukmanofith, Sugiyanto, Imam Sadjiono, Iwan Heru, Retno S Wulandari dan Tribudi dan taruna taruni stip yang berjumlah 20 orang merupakan tim pengabdian hari ini. Dalam agenda sosialisasi ini tim STIP didampingi oleh KSOP Muara Angke yaitu Capt. Wahyu, perwira jaga KSOP dan bintara dari KPLP.

Saat di dalam kapal Taruna/i STIP Jakarta mengajarkan bagaimana mengenakan lifejacket dan berbagai aturan keselamatan kepada wisataa khususnya yang akan berlayar ke Kepulauan Seriibu, di Teluk Jakarta. Karena keselamat penumpang merupakan tugas dan tanggung jawab bersama baik awak kapal dan penumpangnya. Para wisatawan pun yang sebelumnya berlayar harus mengenakan lifejacket dan alat-alat keselamatan lainnya. Dengan kesadaran dan kepatuhan pada aturan keselamatan akan bisa meminimalisir jatuhnya korban jiwa dalam kecelakaan pelayaran.

Kegiatan ini akan terus dilanjutkan oleh Taruna/i STIP guna mengisi waktu pesiar weekend dengan hal – hal positif dan tentunya membawa manfaat bagi masyarakat.

Add a comment
 

Pengabdian Taruna Terhadap Masyarakat Tentang Alat Keselamatan Berlayar Tahap II

(23/04) Pada hari minggu yang cerah, taruna STIP kembali menyibukan diri untuk sosialisasi penggunaan alat keselamatan berlayar kepada penumpang kapal tujuan Kepulauan Seribu di Pelabuhan Muara Angke. Kegiatan ini dilakukan oleh Taruna STIP untuk memanfaatkan waktu luang ketika pesiar dengan melayani masyarakat untuk memahami cara memakai life jacket ketika naik ke atas kapal. Dalam kegiatan ini taruna didampingi oleh dosen pembimbing dari STIP, sesuai arahan dari Plt. Ketua STIP Capt. Marihot Simanjuntak, MM bahwa kegiatan pengabdian masyarakat oleh taruna STIP diharapkan menjadi agenda rutin yang dilakukan secara kontinyu setiap minggunya.

Memanfaatkan waktu pesiar untuk melayani masyarakat, taruna STIP mensosialisasikan kembali pentingnya kesadaran akan Keselamatan dalam pelayaran.
Di sosialisasi yg ketiga ini para penumpang mulai terlihat lebih sadar dan sudah mulai memakai life jacket ketika naik ke atas kapal.
Didampingi dosen, kegiatan berlangsung tepat sebelum kapal memulai pelayaran menuju Kepulauan Seribu.

Add a comment
 

Pengabdian Taruna Terhadap Masyarakat Tentang Alat Keselamatan Berlayar Tahap I

(16/04) Pada hari ini Taruna STIP kembali melaksanakan sosialisasi terkait keselamatan dan tata cara menggunakan life jacket kepada penumpang dan wisatawan tujuan Kepulauan Seribu di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara. Pada kesempatan ini Taruna STIP menjelaskan kepada penumpang dan masyarakat bahwa pentingnya keselamatan transportasi dan kelengkapan alat penyelamatan di dalam kapal.

Seperti yang disampaikan oleh Pt. Ketua STIP Capt. Marihot Simanjuntak, MM bahwa acara tersebut merupakan bakti sosial dan pelayanan publik ke masyarakat yang rencananya akan dijadikan agenda rutin taruna STIP Jakarta setiap akhir pekan untuk mengisi waktu luang ketika weekend datang.

Agenda sosialisasi keselamatan oleh taruna STIP di Pelabuhan Muara Angke, didampingi oleh dosen pembimbing yaitu :

1. Ibu Lili Purnamasari
2. Bpk. Arif Hidayat
3. Bpk. A.K. Gufron
4. Bpk. Tigor Siagian
5. Bpk. Agus Togatorop

Add a comment
 

Taruna STIP Sosialisasikan Keselamatan Pelayaran di Pelabuhan Muara Angke

(08/04) Para Taruna STIP Jakarta, melaksanakan sosialisasi keselamatan Pelayaran di Pelabuhan Muara Angke, kepada masyarakat . Dua puluh orang taruna yang bekerjasama dengan Direktorat Perkapalan dan Kepelautan (Ditkapel) Ditjen Perhubungan Laut melakukan sosialisasi di pelayaran rakyat di Kali Adem. Hadir dalam sosialisasi tersebut Direktur Perkapalan dan Kepelautan Capt. Rudiana yang didampingi Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Pande Siregar,MM.
Capt. Wahyu Prihanto, selaku KSOP Muara Angke dan Capt. Bharto Ari selaku Kasubdit Keselamatan Pelayaran, menyambut baik kegiatan sosialisasi oleh taruna ini.

Tim taruna melakukan sosialisasi kepada masyarakat di atas kapal-kapal penumpang terhadap pentingnya keselamatan pelayaran, termasuk meperagakan penggunaan lifejacket dan upaya-upaya agar tidak terjadi kelebihan penumpang.

Dalam kegiatan ini para penumpang telah terlihat sadar dan sukarela untuk menggunakan life jacket walaupun adapula beberapa penumpang yang masih enggan menggunakan life jacket namun setelah diberitahu oleh para taruna dan juga beberapa petugas di lapangan mereka pada akhirnya mau menggunakan life jacket tersebut.

Pelaksana Tugas Ketua STIP, Capt. Marihot Simanjuntak MM, menjelaskan bahwa kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin para Taruna dalam mengisi akhir pekan, sehingga para taruna dapat terlibat langsung dalam melayani masyarakat.
"Sosialisasi ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan, selain mendukung peningkatan keselamatan pelayaran, kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada taruna untuk terlibat langsung dan melatih mereka sebagai pelayan masyarakat. Akhir pekannya pun diisi dengan kegiatan yang bermanfaat, " jelas Capt Marihot.

Sosialisasi keselamatan pelayaran ini melengkapi beberapa kegiatan serupa yang dilakukan oleh Ditjen Hubla dan juga oleh KSOP Muara Angke. Selain itu kegiatan ini merupakan salah satu upaya BPSDMP dalam hal ini STIP dalam menjalankan instruksi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dimana lembaga pendidikan kepelautan di bawah naungan Kemenhub dapat melibatkan taruna dalam sosialisasi keselamatan pelayaran.

Add a comment
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>
Halaman 2 dari 16

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

HP : 082299888151

E-mail

Admin:
webmaster@stipjakarta.ac.id

Humas :

humas@stipjakarta.ac.id


Diklat Pelaut:
div_pu@stipjakarta.ac.id

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:
ks-pkn@stipjakarta.ac.id



Web Analytics