Tepat hari ini, 27 Februari 2020, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran genap berusia 63 Tahun. Dan acara puncak peringatan ini dilaksanakan di Gedung Auditorium STIP. Turut hadir pada acara ini yaitu:

  • Kapusbang SDM Perhubungan Laut Capt. Sahattua P. Simatupang, MM.
  • Direktur BP2TL, Capt. Dian Wahdiana, MM
  • Direktur BP3IP, Capt.Weku F. Karuntu, MM
  • Perwakilan KSOP Tanjung Priok, Capt. Prihartanta, MM
  • Kepala BKKP, dr. Hesti Ekawati
  • Perwakilan Kapolres Jakarta Utara, Danramil Cilincing, Para Dosen, Pegawai dan Taruna Taruni STIP.

Dalam Laporan Pelaksanan Dies Natalis STIP ke 63 ini, Ketua STIP Amiruddin, MM, menyampaikan “Bahwa dalam peringatan kegiatan Dies Natalis ini telah dilakukan berbagai kegiatan, baik kegiatan sosial maupun kegiatan yang bersifat prestasi atau perlombaan. Kegiatan sosial, berupa kegiatan donor darah yang diikuti sekitar 200 taruna dan pegawai STIP yang bekerja sama dengan PMI Jakarta Utara dan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat sekitar Marunda, serta kegiatan kunjungan silaturahmi dan anjangsana ke para dosen yang sedang sakit dan yang sudah purna.

Sedangkan untuk kegiatan yang bersifat prestasi, dilaksanakan beberapa kegiatan yaitu, pertandingan olah raga antar pegawai, dosen, taruna dan Pasis. Dan dilanjutkan dengan pemilihan dosen, pegawai serta taruna teladan.”

Menjelang akhir laporannya Ketua STIP juga menyampaikan “Sebagai salah satu lembaga diklat matra laut tertua dibawah BPSDM Perhubungan, dengan total sekitar 655 jumlah pegawai, yang terdiri ASN 195 orang, non ASN 460 orang, dengan jumlah Tenaga Pengajar/Dosen berjumlah 175 orang, dengan kualifikasi S3 berjumlah 8 orang, S2 berjumlah 146 orang dan Dosen RPL sejumlah 21 orang.

Diusianya tersebut STIP telah melakukan berbagai capaian dan prestasi pendidikan diantaranya, 31 program diklat telah di-approval oleh Dirjen Hubla serta kegiatan peningkatan kemampuan bahasa Inggris atau STIP English Activities (SEAS) yang ditunjang dengan kegiatan TOEFL dan Marlin tes secara online langsung dari United Kindom, disamping itu STIP telah mengembangkan klinik menjadi Klinik Utama yang bisa dan mampu menerbitkan sertifikat kesehatan dengan berlogo garuda bagi kebutuhan para pelaut.

Sedangkan hingga bulan Desember 2019, untuk jumlah lulusan STIP telah mencapai 9.599 orang yang tersebar dan terserap dalam berbagai shipping industry dengan rincian, sebagai birokrat sekitar 2400 orang, politikus 192 orang, akademisi 959 orang, praktisi 4800 orang dan pengusaha sekitar 1248 orang.

Sedangkan dalam rangka pengembangan pendidikan di tahun 2020, STIP akan merencanakan membuka program studi baru diantaranya, Prodi S1 Akademik “Bisnis Maritim” dan Program D4 “ETO” serta Program S2 Terapan “Bisnis Angkutan Laut”.

Dan sebagai penutup saya sampaikan, bahwa pada tanggal 25 Oktober 2018, semua dokumen STIP telah teratifikasi oleh “ISO 9000 versi 2015”. Demikian pula dengan semua prodi di STIP telah berhasil mendapatkan Akreditasi “A” sejak tanggal 9 April 2019.”

Berikutnya acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, Capt. Sahattua P. Simatupang, MM dan diberikan kepada Ketua STIP Jakarta, Amiruddin, MM.

Dalam orasi ilmiahnya Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, Capt. Sahattua P. Simatupang, MM menyampaikan materi tentang “Issue Strategis Terhadap Perlunya Nilai-Nilai Ke-STIP-an”. Dalam kutipanya beliau menyampaikan “Pentingnya landasan moral dalam pendidikan, yang didukung oleh pemahaman dalam penggunaan sarana teknologi secara baik, sehingga tercipta lulusan yang bermartabat dan berkarakter industri.”