Kab.Kepulauan Meranti,16/9/2020.

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M), kembali membagikan secara gratis sejumlah 1.186 (seribu seratus delapan puluh enam) Sertifikat.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, dimulai
Pada hari Rabu dan kamis, 16 -17 September 2020,dilakukan dengan memenuhi Protokol Kesehatan, sebagaimana yang telah ditentukan oleh Pemerintah, diantaranya nengukur suhu tubuh, mencuci tangan dan menggunakan Masker.

Jenis Sertifikat yang di terima oleh Masyarakat dan Nelayan di kepulauan Meranti terdiri dari sertifikat BST KLM (Basic safety training kapal layar motor), SKK 60 mil, BST Niaga, SAT dan AFF ,dan kegiatan ini merupakan hasil dari Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kerjasama STIP dengan Pemda Kabupaten Kepulauan Meranti.

Penyerahan sertifikat ketrampilan pelaut dihadiri oleh Supardi, M.Si (KBAAK STIP), Umaiyah Yatim, SH., M.Si (Sekretaris Dishub Kab. Kep. Meranti), dan Capt. M. Ridha R., SH
, M.Mar (Kepala KSOP Kelas IV Selat Panjang).

Dalam sambutannya, Bapak Umaiyah menyampaikan banyak terimakasih kepada Kementerian Perhubungan karena telah membantu masyarakat dalam meningkatkan kompetensi terutama kepelautan guna modal untuk bekerja di kapal niaga atau kapal ikan. Kemudian, Bapak Ridha sangat mengapresiasi kegiatan ini karena pemerintah telah membantu mendidik nelayan dan masyarakat guna mengurangi kecelakaan diatas kapal.

Dari pihak STIP, Bapak Supardi, M.Si menyampaikan, “ucapan selamat kepada peserta yang telah menyelesaikan kegiatan DPM, dan berharap agar peserta dapat menggunakan sertifikat yng dimiliki untuk bekerja di kapal niaga ataupun kapal ikan,Kegiatan DPM ini merupakan Instruksi langsung dari Presiden R I,agar STIP yang bernaung di bawah BPSDM Perhubungan,dapat ikut serta secara aktif mendidik masyarakat guna peningkatan kesejahteraan ekonomi terutama menghadapi Covid 19 saat ini.”

Selain pembagian sertifikat secara gratis, kepada para Peserta DPM juga diberikan uang saku.