Jakarta 24 Februari 2020

Indonesia merupakan negara kepulauan yang dipersatukan oleh lautan yang membentang luas, hal ini menjadikan Indonesia juga sebagai negara maritim yang kehidupan masyarakatnya sebagian besar tergantung oleh pemanfaatan laut dan hasil laut. Karena letak geografisnya itulah tentunya Indonesia sangat membutuhkan sumber daya manusia bidang pelayaran yang kompeten.

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), sebagai lembaga diklat maritim terkemuka berstandar internasional di tahun 2020 melaksanakan beberapa progran Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) secara gratis diberbagai wilayah dan yang saat ini sedang berlangsung adalah DPM bagi Siswa SMK Pelayaran yang berasal dari beberapa wilayah, antara lain :

  1. DPM Angkatan VI yang di ikuti oleh 99 siswa SMK Pelayaran Pontianak yang dibuka oleh Drs. Sugianto, MM, mewakili Ketua STIP, yang pelaksanaan kegiatannya dilaksanakan di Kota Pontianak.
  2. DPM Angkatan VII diikuti oleh SMK Taruna Indonesia Jambi dengan 37 peserta dan Angkatan VIII yang diikuti oleh Siswa SMK Nusantara Serang dengan jumlah 25 peserta, yang Pelaksanaanya di laksanakan di Kampus STIP Jakarta.

Kepala Bagian Keuangan dan Administrasi Umum (KBKAU), Indriati, SE, MM, mewakili Ketua STIP, dalam kutipan sambutanya mengatakan “Tujuan kegiatan ini adalah untuk pemenuhan SDM dan peningkatan kompetensi di sektor maritim dan berharap agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan semangat hingga selesai pelatihan dan gunakan kesempatan ini untuk menambah pengetahuan dan kelengkapan sertifikat agar bisa menjadi modal untuk bekerja di atas kapal.”

Diakhir sambutanya beliau juga menyampaikan “Ucapan terimakasih kepada Kepala SMK Nusantara Serang dan SMK Taruna Indonesia Jambi, atas kerjasamanya dan semoga kegiatan ini nantinya dapat berjalan dengan baik dan lancar dalam upaya pemberdayaan masyarakat di lingkungan sekolah.”

Sedangkan dikesempatan yang sama perwakilan Kepala SMK Pelayaran menyampaikan “Ucapan terina kasih kepada Kepala BSDM Perhubungan khususnya kepada STIP Jakarta yang telah memberikan kesempatan kembali kepada siswa kami untuk mengikuti program DPM ini, program DPM ini sangat membantu dan berguna sekali dan para siswa akan mendapatkan sertifikat secara gratis pula”

Pembukaan DPM angkatan VII dan VIII di STIP Jakarta ditandai dengan pemasangan topi dan seragam secara simbolis ke perwakilan peserta oleh KBKAU yang di dampingi oleh Dr. April Gunawan, MM, selaku Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) serta jajaran dari P3M.