Bidang Keahlian NO. Nama Diklat Persyaratan Map
TEKNIKA 1. PROGRAM DIKLAT PELAUT ATT- V PENINGKATAN

Persyaratan peserta Diklat Pelaut – V Peningkatan Kompetensi Kepelautan bidang keahlian teknika pemilik sertifikat pelaut terampil Bagian Mesin (Able Seafarer Engine/ABE):

1. Usia sekurang – kurangnya 18 (delapan belas) tahun;

2. Sertifikat SPPK AB mesin (Able Seafarer Engine / ABE);

3. Masa layar 24 bulan sebagai AB mesin (Able Seafarer Engine) di kapal dengan mesin penggerak utama 750 KW atau lebih;

4. Sertifikat keterampilan khusus pelaut (Certificates of Proficiency) :

a. Sertifikat BST;

b. Sertifikat AFF;

c. Sertifikat SCRB;

d. Sertifikat MFA;

e. Sertifikat SAT;

5. Sertifikat kesehatan;

6. Surat kenal lahir / akte lahir ;

7. KTP atau tanda bukti diri lainnya yang sah;

8. Lulus seleksi penerimaan calon peserta diklat.


TEKNIKA 2.

PROGRAM DIKLAT PELAUT ATT-IV PENINGKATAN

 

 

1. Usia sekurang – kurangnya 18 (delapan belas) tahun;

2. Sertifikat DP – V Pemutakhiran atau ijazah ATKAPIN – II atau Sertifikat SPPK DP – V Peningkatan ;

3. Masa layar setelah memiliki sertifikat ATT – V 30 (tiga puluh) bulan atau memiliki sertifikat ATT – V Manajemen dengan masa layar 12 (dua belas) bulan;

4. Pemilik Sertifikat ATKAPIN-II memiliki masa layar 60 (enam puluh) bulan, dan setelah menyelesaikan DP – IV teknika wajib kembali menyelesaikan praktek laut (PRALA) sebagai bagian dari DP – IV teknika untuk memperoleh masa layar 12 (dua belas) bulan sebagai kadet yang di dokumentasikan di dalam buku catatan pelatihan yang diakui (approved training record book) dan bagian dari masa layarnya telah melaksanakan tugas dinas jaga di kamar mesin, di bawah supervisi Nakhoda atau perwira yang berkompeten dengan periode paling sedikit 6 (enam) bulan;

5. Sertifikat keterampilan khusus pelaut :

a. Sertifikat BST;

b. Sertifikat AFF;

c. Sertifikat PSCRB;

d. Sertifikat MFA;

e. Sertifikat SSO;

f. Sertifikat SAT; dan

g. Sertifikat keterampilan pelaut lainnya.

6. Sertifikat kesehatan;

7. Surat kenal lahir / akte kelahiran;

8. KTP atau tanda bukti diri lainnya yang sah;

9. Lulus seleksi penerimaan calon peserta diklat.

TEKNIKA 3.

PROGRAM DIKLAT PELAUT – III (ATT – III)

(PK.303/16/17/DK-17)

  1. Fotocopy KTP 2 lembar dan menunjukkan aslinya
  2. Fotocopy akte kelahiran 2 lembar dan menunjukkan aslinya
  3. Print out internet sesuai Seafarer Code yang dapat dilihat pada website pelaut.dephub.go.id (asli dan foto copy 1 lembar)
  4. Kwitansi pembayaran diklat yang sah dari Bank, yang ditujukan ke nomor rekening BNI: 0165427911-Bend (asli dan fotocopy 1 lembar)
  5. Endorsment (pengukuhan ijazah pelaut) (asli dan fotocopy 2 lembar)
  6. Surat keterangan dari perusahaan: Sign On/Off atau perjanjian kerja laut atau mutasi kerja (asli dan fotocopy 1 lembar)
  7. Pas foto 3×4=15 lembar, pas foto 2×3=4 lembar – Warna latar: merah, baju kemeja:putih, dasi: hitam polos
  8. Fotocopy buku pelaut (harus sudah sijil off pada saat pendaftaran) (asli dan fotocopy 1 lembar)
  9. Diklat keterampilan pelaut (BST, SCRB, MFA, MC, AFF, ERM, SSO) fotocopy 2 lembar yang dilegalisir
  10. Fotocopy yang dilegalisir dan ASLI, masa berlayar 30 bulan sebagai watch keeping enginer officer di kapal dengan tenaga penggerak 750 KW (tujuh puluh lima kilo watt) atau lebih (asli dan fotocopy 1 lembar)
  11. Ijazah ASLI dan fotocopy ATT-IV (STCW 78/95) Ijazah AMK PI(STCW 78) ASLI (asli dan fotocopy 2 lembar)
  12. Fotocopy yang dilegalisir STTPK (Surat Tanda Tamat Pendidikan Kepelautan *TPK-IV (DP-IV) (asli dan foto 2 lembar yang dilegalisir)
  13. Semua persyaratan UPGRADING (peningkatan) discan dalam bentuk disc (burning) dan diserahkan bersama dengan pemberkasan di Loket Upgrading
  14. Kartu keluarga asli (asli dan fotocopy 2 lembar)
TEKNIKA 4.

PROGRAM DIKLAT PELAUT – II (ATT – II)

(PK.303/16/16/DK-17)

-Masa berlayar 24 (dua puluh empat)   bulan (ASLI dan Fotocopy) sebagai masinis II (second engineer) dikapal tenaga penggerak 750  (tujuh ratus  lima puluh) KW di daerah

  1. Fotocopy KTP 2 lembar dan menunjukkan aslinya
  2. Fotocopy akte kelahiran 2 lembar dan menunjukkan aslinya
  3. Print out internet sesuai Seafarer Code yang dapat dilihat pada website pelaut.dephub.go.id (asli dan foto copy 1 lembar)
  4. Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap dan benar
  5. Surat Keterangan sehat (mata dan telinga), menggunakan blangko yang ditentukan dari rumah sakit yang ditunjuk (blanko surat dari penyelenggara diklat) (asli dan fotocopy 1 lembar)
  6. Kwitansi pembayaran diklat yang sah dari Bank, yang ditujukan ke nomor rekening BNI: 0165427911-Bend (asli dan fotocopy 1 lembar)
  7. Endorsment (pengukuhan ijazah pelaut) (asli dan fotocopy 2 lembar)
  8. Ijazah profesi ATT-III (STCW 78/95) asli dan fotocopy, ijazah AMK A (STCW – 78) fotocopy legalisir (asli dan fotocopy yang dilegalisir 2 lembar)
  9. Surat keterangan dari perusahaan: Sign On/Off atau perjanjian kerja laut atau mutasi kerja (asli dan fotocopy 1 lembar)
  10. Pas foto 3×4=15 lembar, pas foto 2×3=4 lembar – Warna latar: merah, baju kemeja:putih, dasi: hitam polos
  11. Fotocopy buku pelaut (harus sudah sijil off pada saat pendaftaran) (asli dan fotocopy 1 lembar)
  12. Diklat keterampilan pelaut (BST, SCRB, MFA, MC, AFF, ERM, SSO) fotocopy 2 lembar yang dilegalisir
  13. Fotocopy yang dilegalisir STTPK (Surat Tanda Tamat Pendidikan Kepelautan) *TPK-III (DP-III) (asli dan foto 2 lembar yang dilegalisir)
  14. –  Masa berlayar 36 (Tiga puluh enam)    bulan (ASLI dan Fotocopy)    sebagai    masinis jaga di kamar mesin berawak    atau tidak berawak,dengan tenaga    penggerak 750 (tujuh ratus lima    puluh) KW atau lebih
  15. Semua persyaratan UPGRADING (peningkatan) discan dalam bentuk disc (burning) dan diserahkan bersama dengan pemberkasan di Loket Upgrading
  16. Kartu keluarga asli (asli dan fotocopy 2 lembar)
TEKNIKA 5.

PROGRAM DIKLAT PELAUT – I (ATT – I)

(PK.303/16/15/DK-17)

–  Memiliki masa berlayar 24 (dua puluh empat) bulan yang diantaranya    12 (dua belas) bulan sebagai masinis 1 (chief engineer) diatas kapal    dengan mesin penggerak diatas 3000 KW

  1. Fotocopy KTP 2 lembar dan menunjukkan aslinya
  2. Fotocopy akte kelahiran 2 lembar dan menunjukkan aslinya
  3. Print out internet sesuai Seafarer Code yang dapat dilihat pada website pelaut.dephub.go.id (asli dan fotocopy 1 lembar)
  4. Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap dan benar
  5. Fotocopy yang dilegalisir STTPK (Surat Tanda Tamat Pendidikan Kepelautan) *TPK-II (DP-II) (fotocopy 2 lembar yang dilegalisir)
  6. Surat Keterangan sehat (mata dan telinga), menggunakan blangko yang ditentukan dari rumah sakit yang ditunjuk (blanko surat dari penyelenggara diklat) (asli dan fotocopy 1 lembar)
  7. Kwitansi pembayaran diklat yang sah dari Bank, yang ditujukan ke nomor rekening BNI: 0165427911-Bend (asli dan fotocopy 1 lembar)
  8. Endorsment (pengukuhan ijazah pelaut) (fotocopy 2 lembar)
  9. Ijazah umum minimal D.III atau Akademi Pelayaran atau D IV Pelayaran atau Strata A atau STTPK Crash (fotocopy legalisir 2 lembar)
  10. Surat keterangan dari perusahaan: Sign On/Off atau perjanjian kerja laut atau mutasi kerja (asli dan fotocopy 1 lembar)
  11. Pas foto 3×4=15 lembar, pas foto 2×3=4 lembar – Warna latar: merah, baju kemeja:putih, dasi: hitam polos
  12. Surat pernyataan yang menyatakan bahwa calon peserta bersedia mengikuti ketentuan-ketentuan yang berlaku (format surat disertakan penyelenggara diklat) (Asli dan fotocopy 1 lembar)
  13. Fotocopy buku pelaut (harus sudah sijil off pada saat pendaftaran) (fotocopy 2 lembar)
  14. Ijazah ATT-II (STCW 78(BS), Ijazah AMK B(STCW 78-95)Fotocopy 2 lembar
  15. Fotocopy yang sudah dilagalisir (BST, SCRB, AFF, MFA, MC, SSO, ERM) yang sudah amandemen Manila 2010 2 lembar
  16. –  Memiliki masa berlayar 36 (tiga puluh enam) bulan sebagai    watchkeeping/Engineer Officer di kapal niaga dengan tenaga    penggerak utama 750 KW atau lebih (Surat Masa Layar ASLI dan Fotocopy 1 lembar)
  17. Semua persyaratan UPGRADING (peningkatan) discan dalam bentuk disc (burning) dan diserahkan bersama dengan pemberkasan di Loket Upgrading
  18. Kartu keluarga asli (asli dan fotocopy 2 lembar)
NAUTIKA 1. PROGRAM DIKLAT PELAUT ANT – V PENINGKATAN

Persyaratan peserta Diklat Pelaut – V Peningkatan bidang keahlian nautika adalah pemilik sertifikat pelaut terampil bagian dek (Able Seafarer Deck/ ABD):

1. Usia sekurang – kurangnya 18 (delapan belas) tahun;

2. Sertifikat SPPK Able Seafarer Deck/ABD;

3. Memiliki masa layar 24 bulan sebagai AB dek (Able Seafarer Deck/ABD) di kapal dengan ukuran GT.500 (lima ratus gross tonnage) atau lebih;

4. Sertifikat keterampilan khusus pelaut (Certificates of Proficiency) :

a. Sertifikat BST;

b. Sertifikat AFF;

c. Sertifikat SCRB;

d. Sertifikat MFA;

e. Sertifikat SA;

5. Sertifikat   kesehatan;

6. Surat kenal lahir / akte lahir ;

7. KTP atau tanda bukti diri lainnya yang sah;

8. Lulus seleksi penerimaan calon peserta diklat.


NAUTIKA 2. PROGRAM DIKLAT PELAUT ANT – IV PENINGKATAN

1. Usia sekurang – kurangnya 18 (delapan belas) tahun;

2. Sertifikat Pemutakhiran V (DP – V Pemutakhiran) atau ijazah Ahli Nautika Kapal Penangkap Ikan – II (ANKAPIN – II) atau Sertifikat Pendidikan dan Pelatihan Kepelautan (SPPK) Diklat Pelaut – V (DP – V) Peningkatan kompetensi kepelautan bidang keahlian nautika sesuai STCW 1978 Amandemen 2010;

3. Masa layar diakui setelah memiliki sertifikat ANT – V paling sedikit 30 (tiga puluh) bulan atau ANT – V Manajemen masa layar 12 (dua belas) bulan; atau

4. Pemilik Sertifikat ANKAPIN-II masa layar 60 (enam puluh) bulan dan setelah DP – IV nautika wajib kembali menyelesaikan praktek laut (PRALA) sebagai bagian dari DP – IV nautika untuk memperoleh masa layar  yang diakui paling sedikit 12 (dua belas) bulan sebagai kadet yang di dokumentasikan di dalam buku catatan pelatihan yang diakui (approved training record book) dan bagian dari masa layarnya telah melaksanakan tugas dinas jaga di anjungan, dibawah supervisi Nakhoda atau perwira yang berkompeten dengan periode paling sedikit 6 (enam) bulan;

5. Sertifikat keterampilan pelaut :

a. Sertifikat BST;

b. Sertifikat AFF;

c. Sertifikat PSCRB;

d. Sertifikat MFA;

e. Sertifikat RS;

f. Sertifikat GMDSS;

g. Sertifikat SAT; dan

h. Sertifikat Keterampilan pelaut lainnya.

6. Sertifikat kesehatan;

7. Surat kenal lahir / akte kelahiran;

8. KTP atau tanda bukti diri lainnya yang sah;

9. Lulus seleksi penerimaan calon peserta diklat.

NAUTIKA 3.

PROGRAM DIKLAT PELAUT – III (ANT  – III)

(PK.303/16/14/DK-17)

–  Masa berlayar Ahli Nautika Tingkat IV (ANT-IV) Manajemen yang          memiliki masa layar paling sedikit 12 (dua belas) bulan, ASLI dan Fotocopy yang dilegalisir

  1. Fotocopy KTP 2 lembar dan Menunjukkan aslinya
  2. Fotocopy Akte kelahiran 2 lembar dan menunjukkan aslinya
  3. Print out internet sesuai Seafarer Code yang dapat dilihat pada website pelaut.dephub.go.id (asli dan fotocopy 2 lembar)
  4. Kwitansi pembayaran diklat yang sah dari Bank, yang ditujukan ke nomor rekening BNI: 0165427911-Bend (asli dan fotocopy 2 lembar)
  5. Endorsment (pengukuhan ijazah asli) (asli dan fotocopy 2 lembar)
  6. Surat keterangan dari perusahaan: Sign On/Off atau perjanjian kerja laut atau mutasi kerja (asli dan fotocopy 1 lembar)
  7. Fotocopy buku pelaut (harus sudah sijil off pada saat pendaftaran) (2 Lembar)
  8. Pas foto ukuran 3×4=15 lembar, ukuran 2×3=4 lembar dengan ketentuan dasar biru, baju putih dan dasi hitam polos
  9. Diklat keterampilan pelaut (BST, SCRB, AF, MFA, MC, Radar-ARPA, ECDIS, BERM, SSO) fotocopy 2 lembar dan dilegalisir
  10. Ijazah ANT-IV (STCW 78/95) – Ijazah MPB-IV (STCW 78) asli dan fotocopy 2 lembar
  11. Masa berlayar yang diakui setelah memiliki sertifikat keahlian Ahli   Nautika Tingkat-IV (ANT-IV) sesuai STCW 1978 Amandemen 2010   paling sedikit 30 (tiga puluh) bulan, ASLI dan Fotocopy yang dilegalisir    1 lembar
  12. Fotocopy yang dilegalisir STTPK (Surat Tanda Tamat Pendidikan Kepelautan) *TPK-IV(DP-IV) 2 lembar
  13. Semau persyaratan Upgrading (peningkatan) discan dalam bentuk disc (burning) dan diserahkan bersama dengan pemberkasan di Loket upgrading
  14. Kartu keluarga ASLI dan Fotocopy 2 lembar
NAUTIKA 4.

PROGRAM DIKLAT PELAUT – II (ANT – II)

(PK.303/16/13/DK-17)

–  Surat Keterangan masa berlayar 24 (dua puluh empat) bulan yang    diantaranya 12 (dua belas) bulan sebagai mualim 1 (chief mate) di    atas kapal lebih dari GT 500 (lima ratus Gross Tonnage) ASLI dan     fotocopy legalisir 1 lembar

  1. Fotocopy KTP 2 lembar dan Menunjukkan aslinya
  2. Fotocopy Akte kelahiran 2 lembar dan menunjukkan aslinya
  3. Print out internet sesuai Seafarer Code yang dapat dilihat pada website pelaut.dephub.go.id (asli dan fotocopy 2 lembar)
  4. Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap dan benar (asli dan fotocopy 1 lembar)
  5. Surat keterngan sehat (mata dan telinga) menggunkana blangko yang ditentukan dari rumah sakit yang ditunjuk (blanko surat dari penyelengara diklat) (Asli dan fotocopy 2 lembar)
  6. Kwitansi pembayaran diklat yang sah dari Bank, yang ditujukan ke nomor rekening BNI: 0165427911-Bend (asli dan fotocopy 2 lembar)
  7. Endorsment (pengukuhan ijazah asli) (asli dan fotocopy 2 lembar)
  8. Surat keterangan dari perusahaan: Sign On/Off atau perjanjian kerja laut atau mutasi kerja (asli dan fotocopy 1 lembar)
  9. Surat pernyataan yang menyatakan bahwa calon peserta bersedia mengikuti ketentuan-ketentuan yang berlaku (format surat disediakan penyelenggara diklat) (asli dan fotocopy 1 lembar)
  10. Fotocopy buku pelaut (harus sudah sijil off pada saat pendaftaran) (1 Lembar)
  11. Pas foto ukuran 3×4=15 lembar, ukuran 2×3=4 lembar dengan ketentuan dasar biru, baju putih dan dasi hitam polos
  12. Fotocopy STTPK (Surat Tanda Tamat Pendidikan Kepelautan) yang telah dilegalisir 2 lembar *TPK-III (DP-III) dan menunjukkan aslinya
  13. Diklat keterampilan pelaut (BST, SCRB, AFF, MFA, MC, Radar-ARPA, ECDIS, BERM, SSO) fotocopy 2 lembar dan dilegalisir
  14. Surat Keterangan masa berlayar 36 (tiga puluh enam) bulan sebagai   perwira yang melaksanakan dinas jaga di anjungan pada kapal lebih   dari GT 500 (lima ratus Gross Tonnage) Asli dan Fotocopy yang    dilegalisir 1 lembar
  15. Kartu keluarga ASLI dan Fotocopy 2 lembar
NAUTIKA 5.

PROGRAM DIKLAT PELAUT – I (ANT – I)

(PK.303/16/12/DK-17)

ATAU

– Masa berlayar 24 (dua puluh empat) bulan yang diantaranya 12 (dua belas) bulan sebagai Chief Officer di kapal niaga dengan ukuran GT 500(lima ratus Gross Tonnage) atau lebih (asli dan fotocopy 2 lembar)

  1. Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap dan benar (asli dan fotocopy 2 lembar)
  2. Kwitansi pembayaran diklat yang sah dari Bank (asli dan fotocopy 2 lembar)
  3. Surat pernyataan yang menyatakan bahwa calon peserta bersedia mengikuti ketentuan-ketentuan yang berlaku (asli dan fotocopy 2 lembar)
  4. –  Masa berlayar 36 (tiga puluh enam) bulan sebagai Deck Watchkeeping    Officer di kapal niaga dengan ukuran GT 500 (lima ratus Gross Tonnage)    atau lebih, (asli dan fotocopy 2 lembar)
  5. Buku pelaut (asli dan fotocopy 3 lembar yang telah dilegalisir)
  6. Print out intenet database sertifikat kepelautan (www.pelaut.go.id) (asli dan fotocopy 2 lembar)
  7. Fotocopy Ijazah ANT-II (STCW 78/95)yang telah dilegalisir 3 lembar ATAU Fotocopy Ijazah MPB-II (STCW 78) yang telah dilegalisir 3 lembar
  8. Fotocopy Endorsement (pengukuhan ijazah pelaut) yang telah dilegalisir 3 lembar
  9. STTPK (Surat Tanda Tamat Pendidikan Kelautan) / TPK II (DP II)
  10. Fotocopy Diploma III ,ATAU Strat A, ATAU Akademi Pelayaran, ATAU, Diploma IV Pelayaran, ATAU STTPK Crash Program Kepelautan yang dilegalisir sebanyak 3 lembar
  11. Fotocopy diklat keterampilan pelaut  (BST, SCRB, AFF, MFA, GOC, GMDSS) yang telah dilegalisir sebanyak 3 lembar
  12. Fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk) 3 lembar
  13. Fotocopy Akte Kelahiran / Keterangan Kelahiran  3 lembar
  14. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) (Asli dan fotocopy 3 lembar)
  15. Sertifikat Kesehatan Pelaut (mata dan THT) dari rumah sakit yang ditunjuk (asli dan fotocopy 2 lembar)
  16. Fotocopy Surat keterangan dari perusahaan (Sign On/Off, PKL, Mutasi Kerja) 3 lembar
  17. Pas foto ukuran 3×4=15 lembar, ukuran 2×3=4 lembar dengan ketentuan dasar biru, baju putih dan dasi hitam polos

Contact Us :

Divisi Pengembangan Usaha – Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP)
Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone: (62-21) 88991618 ; Ext.:
div. Pelayanan Diklat (2111)
div. Pengembangan & Kerjasama (2112)
E-Mail : div_pu@202.61.104.215

1. Usia sekurang – kurangnya 18 (delapan belas) tahun;

2. Sertifikat DP – V Pemutakhiran atau ijazah ATKAPIN – II atau Sertifikat SPPK DP – V Peningkatan ;

3. Masa layar setelah memiliki sertifikat ATT – V 30 (tiga puluh) bulan atau memiliki sertifikat ATT – V Manajemen dengan masa layar 12 (dua belas) bulan;

4. Pemilik Sertifikat ATKAPIN-II memiliki masa layar 60 (enam puluh) bulan, dan setelah menyelesaikan DP – IV teknika wajib kembali menyelesaikan praktek laut (PRALA) sebagai bagian dari DP – IV teknika untuk memperoleh masa layar 12 (dua belas) bulan sebagai kadet yang di dokumentasikan di dalam buku catatan pelatihan yang diakui (approved training record book) dan bagian dari masa layarnya telah melaksanakan tugas dinas jaga di kamar mesin, di bawah supervisi Nakhoda atau perwira yang berkompeten dengan periode paling sedikit 6 (enam) bulan;

5. Sertifikat keterampilan khusus pelaut :

a. Sertifikat BST;

b. Sertifikat AFF;

c. Sertifikat PSCRB;

d. Sertifikat MFA;

e. Sertifikat SSO;

f. Sertifikat SAT; dan

g. Sertifikat keterampilan pelaut lainnya.

6. Sertifikat kesehatan;

7. Surat kenal lahir / akte kelahiran;

8. KTP atau tanda bukti diri lainnya yang sah;

9. Lulus seleksi penerimaan calon peserta diklat.