Stay connected

Trending News

Sabtu, 31 Oktober 2020

Simulator & Laboratorium

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang proses belajar-mengajar terlaksana dengan baik, salah satu fasilitas yang ada di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran ( STIP ) Jakarta adalah Simulator.

Sampai dengan saat ini STIP memiliki 15 Simulator.

1.

ARPA SIMULATOR, ARPA (Automatic Radar Plotting Aid) adalah Simulator yang digunakan taruna jurusan nautika untuk berlayar pada kondisi pelayaran non visual, dan hanya mengandalkan pada pengamatan visual ARPA.?

2.

FULL MISSION SHIP BRIDGE SIMULATOR I, Full Mission Ship Bridge Simulator adalah simulator anjungan kapal, dimana seluruh sistem kerja dan kelengkapan dibuat menyerupai seperti kondisi diatas kapal. Simulator ini digunakan oleh taruna jurusan Nautika, sebagai pemantapan sebelum melaksanakan Praktek Laut.

3.

FULL MISSION SHIP BRIDGE SIMULATOR II, Full Mission Ship Bridge Simulator adalah simulator anjungan kapal, dimana seluruh sistem kerja dan kelengkapan dibuat menyerupai seperti kondisi diatas kapal. Simulator ini digunakan oleh taruna jurusan Nautika, sebagai pemantapan sebelum melaksanakan Praktek Laut.

4.

ENGINE ROOM SIMULATOR, Engine Room Simulator adalah simulator kamar mesin kapal, dimana situasi, kondisi, dan alur kerja sesuai dengan di kamar mesin kapal. Simulator ini digunakan oleh taruna jurusan Teknika.

5.

PC GMDSS SIMULATOR, PC GMDSS (Personal Computer Global Maritime Distress and Safety System) Simulator adalah simulator untuk berlatih prosedur-prosedur dalam pengiriman berita/ komunikasi bahaya. Simulator ini digunakan oleh taruna jurusan Nautika.

6.

REAL EQUIPMENT GMDSS SIMULATOR, REAL EQUIPMENT GMDSS Simulator digunakan untuk praktek taruna jurusan nautika untuk berlatih prosedur pengiriman berita/ komunikasi bahaya.?

7.

ECDIS,ECDIS (Electronic Chart Display and Information System) adalah sistem navigasi informasi berbasis komputer yang sesuai dengan peraturan International Maritime Organization (IMO) dan dapat digunakan sebagai alternatif untuk kertas grafik bahari.?

8.

CBT SIMULATOR, CBT (Computer Base Training) Simulator STIP berisi program-program pembelajaran mandiri bagi taruna-taruni STIP jurusan Nautika, Teknika dan KALK.

9.

FMERS, FMERS (Full Mission Engine Room Simulator) adalah adalah simulator kamar mesin kapal, dimana situasi, kondisi, dan alur kerja sesuai dengan di kamar mesin kapal. Simulator ini menggunakan full Touch screen.

10.

STEAM TURBINE SIMULATOR, Fungsinya adalah mempelajari tentang proses pembuatan steam dari kondisi dingin sampai digunakan sebagai penggerak mesin induk yang terdiri dari MC90 dan Dual Fuel.

11.

Liquid Cargo Handling Simulator, sebagai tempat praktek bagi Taruna/Siswa terutama jurusan Nautika dalam rangka lebih memahami pekerjaan di kapal tanker baik kapal tanker minyak,gas maupun chemical.

12.

Simulator Steering Trainer, adalah simulator training pada steering konsol dan miniatur asli mesin kemudi sebuah kapal. Simulator ini menawarkan berbagai praktek yang berkaitan dengan pengemudian kapal dan penanganan serta perawatan mesin kemudi kapal.

13.

CBT Videotell adalah Simulator STIP berisi program-program pembelajaran mandiri bagi taruna-taruni STIP jurusan Nautika, Teknika dan KALK.?

14.

Ship Stability Simulator,
Fungsinya adalah mempelajari stabilitas kapal ketika pemuatan dan saat berlayar.
Materi meliputi: stabilitas kapal roro, container LNG, Live stock, Bulker, VLCC.

15.

KALK Simulator, Simulator ini adalah tempat bagi taruna dan taruna STIP untuk berlatih tentang bagaimana proses shipping berjalan.

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang proses belajar-mengajar terlaksana dengan baik, salah satu fasilitas yang ada di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran ( STIP ) Jakarta adalah Laboratorium.

Sampai dengan saat ini STIP memiliki 24 Laboratorium.

1.

LAB BOILER. Lab Boiler merupakan salah satu fasilitas praktek bagi taruna jurusan Teknika, dimana pada Lab ini dipelajari prosedur dan cara kerja boiler di kapal.

2.

LAB FIRE FIGHTING. Pada lab ini disediakan fasilitas bagi taruna untuk melatih kemampuan dalam menangani situasi kebakaran di kapal.

3.

LAB FISIKA. Lab ini digunakan oleh taruna jurusan Nautika dan Teknika dalam mempelajari teknik-teknik dasar ilmu Fisika.

4.

LAB KIMIA. Laboratorium ini digunakan taruna jurusan teknika untuk mempelajari ilmu dasar kimiawi.

5.

LAB KECAKAPAN BAHARI. Salah satu kecakapan yang harus dimiliki oleh pelaut adalah kecakapan tali temali. Di lab ini mereka berlatih kecakapan tersebut.

6.

LAB BAHASA. STIP memiliki 3 (tiga) buah lab bahasa, dimana 2 (dua) diantaranya adalah lab multimedia. Di lab bahasa ini, taruna jurusan Nautika, Teknika dan KTK berlatih komunikasi bahasa Inggris, mulai dari tingkat umum sampai standar komunikasi maritim (SMCP)

7.

LAB PERMODELAN KAPAL. Lab ini digunakan oleh taruna jurusan Nautika dan Teknika. Berisi permodelan (mock-up) propeller kapal, permesinan, stabilitas kapal dan lain-lain.

8.

LAB BANGUNAN DAN STABILITAS KAPAL. Lab ini digunakan oleh taruna jurusan Nautika dan Teknika. Berisi permodelan (mock-up) propeller kapal, permesinan, stabilitas kapal dan lain-lain.

9.

LAB LAS. Taruna jurusan Teknika melatih kemampuan dalam melaksanakan pengelasan bahan dalam lab. las ini.

10.

LAB LISTRIK. Lab. Listrik merupakan salah satu sarana yang digunakan oleh taruna untuk memahami prinsip kerja sistem kelistrikan di kapal.

11.

LAB TERMODINAMIKA. Lab . Thermodinamik merupakan salah satu sarana yang digunakan oleh taruna untuk mempelajari Teknik Mekanika dan hidrodinamika.

12.

LAB BUBUT. Taruna STIP jurusan Teknika juga dilatih untuk mengolah /membentuk material logam pada laboratorium ini.

13.

LAB MOTOR DIESEL. Dalam mempelajari sistem kerja motor diesel pada sebuah kapal diperlukan sebuah sarana laboratorium motor diesel.

14.

LAB PENDINGIN. Lab. pendingin merupakan sebuah sarana latihan bagi taruna dalam mempelajari alur kerja dalam sebuah sistem mesin pendingin.

15.

LAB PESAWAT BANTU. Lab . Pesawat Bantu ( PERMESINAN BANTU ) adalah salah satu  sarana yang digunakan oleh taruna untuk belajar mengenal bentuk komponen penunjang keselamatan kapal dan pelayaran.

16.

LAB KONTROL. Lab . Kontrol adalah salah satu sarana pembelajaran yang digunakan oleh taruna untuk belajar bergerak dibidang instrumentasi dan pengontrollan sebuah sistem yang sekaligus turut serta dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di bidang pelayaran.

17.

LAB HIGH VOLTAGE. Lab. High Voltage adalah salah satu sarana pembelajaran bagi taruna teknika. Melalui lab. ini, taruna dapat belajar mengenai pengoperasian main generator dan emergency generator propeler kapal, structure dari high voltage switchgear, serta perawatan high voltage switchgear.

18.

SHIP SECURITY LAB. Ship Security Lab. adalah salah satu sarana pembelajaran bagi taruna STIP Jakarta. Melalui laboratorium ini taruna bisa mendapatkan pembelajaran mengenai pengenalan tentang peralatan keamanan dan threat identification seperti simulated X-Ray training & testing kit, extended explosive training kit, simulated weapon training kit serta drugs training kit.

19.

LAB MENJANGKA PETA. Lab . Menjangka peta merupakan salah satu sarana yang digunakan oleh taruna jurusan nautika untuk memahami prinsip kerja pembacaan peta navigasi secara manual dan mempelajari titik peta dan rambu peraturan yang ada di pelayaran.

20.

LAB KOMPUTER. Lab Komputer merupakan sarana untuk meningkatkan pengetahuan Taruna/i STIP terhadap komputer khususnya di aplikasi administrasi.

21.

LAB SHIP POWER PLANT. Lab. Ship Power Plant adalah salah satu sarana pembelajaran bagi taruna teknika. Melalui lab. ini, taruna dapat belajar mengenai pengoperasian dan maintenance main engine, auxilary engine, boier purifier, dan hydrophore.

22

LAB ELEKTRONIKA 1. Lab. Elektronika  adalah salah satu sarana pembelajaran bagi taruna teknika. Melalui lab. ini, taruna dapat belajar mengenai penggunaan alat-alat dan komponen elektronika.

23.

LAB ELEKTRONIKA DASAR. Lab. Elektronika Dasar adalah salah satu sarana pembelajaran bagi taruna teknika. Melalui lab. ini, taruna dapat belajar mengenai penggunaan alat-alat dan komponen elektronika dasar, cara menggunakan alat ukur seperti multi tester, osciloscop dan function generator serta merangkai instalasi komponen elektronika, seperti resistor, kapasitor, transistor, dioda, transformator dan IC.

24.

LAB ELEKTRONIKA LANJUT. ?Lab. Elektronika Lanjut adalah salah satu sarana pembelajaran bagi taruna teknika. Melalui lab. ini, taruna dapat belajar mengenai penggunaan alat - alat dan komponen elektronika tingkat lanjutan, pemahaman gerbang - gerbang logika dalam elektronika serta merangkai instalasi komponen berbasis IC dan gerbang logika.