alt

STIP menggelar Pelantikan Perwira Remaja Lulusan Program D-IV dan Wisuda Program Diklat Pelaut Tingkat I, II, III, Rabu, (16/5), Bertempat di Lapangan Bintang. Pelantikan D-IV kali ini meluluskan 22 Taruna Prodi Nautika dan 21 Prodi Teknika. Sedangkan untuk wisuda program Diklat Pelaut Tingkat I, II, III meluluskan sebanyak 57 Perwira ANT I, 33 Perwira ATT I, 58 Perwira ANT II, 41 Perwira ATT II, 58 Perwira ANT III, 59 Perwira ATT III.

alt

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Capt. Bobby R Mamahit, dalam sambutannya mengatakan “Seusai pelantikan dan wisuda ini diharapkan dapat memberikan pengabdian sebaik-baiknya kepada bangsa dan Negara yang sedang berusaha melaksanakan reformasi secara menyeluruh dan terus menerus dalam menghadapi proses globalisasi yang sedang berlangsung dengan intensitas dan kecepatan yang semakin tinggi,

mengambil momentum tersebut peningkatan keahlian dan keterampilan yang telah saudara peroleh selama di STIP dijadikan sebagai modal dasar yang perlu terus dikembangkan dan dimantapkan untuk mengantisipasi tantangan dan peluang di bidang tugas masing-masing. Perlu diingat industri pelayaran adalah industri yang padat peraturan nasional dan internasional.”

“Berdasarkan penjelasan Pasal 8 ayat 1 UU 17 Tahun 2008 dalam rangka pelaksanaan azas cabotage guna melindingi kedaulatan Negara dan mendukung perwujudan wawasan nusantara serta memberikan kesempatan berusaha yang seluas-luasnya bagi perusahaan angkutan laut nasional. Untuk itu saya menghimbau kepada saudara-saudara sebagai perwira pelayaran niaga untuk dapat berperan serta menjadi bagian dalam memajukan perkembangan industri pelayaran nasional, tidak hanya berfokus kepada perusahaan luar negeri yang memang selama ini dianggap lebih menjanjikan dalam hal pendapatan.” Lanjut Capt. Bobby.

                                          alt

Pada akhir sambutan, Kepala Badan mengucapkan selamat dengan harapan hendaknya para wisudawan dapat menjunjung tinggi almamater STIP dan dapat melahirkan lulusan yang professional daengan pengetahuan terkini, sikap disiplin dan bertanggung jawab serta mental yang tangguh dalam tubuh yang samapta, sehingga dapat mempersiapkan sumber daya manusia dibidang pelayaran yang terdiri dari sub bidang Angkutan Perairan, Kepelabuhan, Keselamatan dan Keamanan Pelayaran, dan Perlindungan Lingkungan Maritim sebagaimana sesuai dengan Pasal 3 Peraturan Pemerintah No 51 Tahun 2012.

Dalam laporan pendidikan yang dibacakan oleh Ketua STIP, Capt. Yan Risuandi, M.Sc, para lulusan Program Diploma IV Pelayaran STIP berhak dan syah menyandang Gelar Vokasi yaitu Sarjana Sains Terapan dan Pelayaran (S.S.T.Pel).

STIP dalam rangka memenuhi persyaratan International Convention on Standard Training Certification dan Watchkeeping for Seafarers (STCW) 1978 as Amanded dan menunjang pelaksanaan pendidikan serta meningkatkan kualitas pendidikan untuk praktek kerja nyata taruna dalam bentuk praktek berlayar ditempatkan pada perusahaan dalam maupun luar negeri, diantaranya Humolco, Pacc Ship Management, PT. Andika Lines, PT. Berlian Laju Tanker, PT. SSM (Bogasari), PT. Djakarta Llyod, PT. PCL Logistics Indonesia, PT. Rimba Segara Lines, Josh Larsen, Suci Line, Samudra Indonesia, Cosco Indonesia, PT Altus, Sunjhin, dll. Pada Pelantikan ini terdapat taruna ikatan dinas/beasiswa dari perusahaan Josh Larsen sebanyak 2 Taruna.

Sedangkan untuk Diklat Pelaut (DP), pendidikan diawali dengan seleksi Penerimaan Calon Perwira Siswa (PASIS) yang dilaksanakan melalui seleksi administrasi. Pendidikan dilaksanakan untuk Diklat Pelaut (DP) I selama 4 Bulan diakhiri ujian lokal, ujian Makalah dan Ujian Keahlian Pelaut. Jumlah Peserta DP I Nautika dan teknika sebanyak 90 orang, diwisuda sebanyak 90 orang.

Pendidikan Diklat Pelaut (DP) II & (DP) III dilaksanakan selama 9 bulan yang dibagi kedalam 2 tahap diakhiri dengan ujian lokal dan ujian Keahlian pelaut. Jumlah peserta DP II Nautika dan Teknika sebanyak 101 orang, diwisuda sebanyak 99 orang. Jumlah peserta DP III Nautika dan Teknika sebanyak 120 orang, diwisuda sebanyak 117 orang.

Akhir kegiatan diisi dengan penampilan atraksi dari Taruna-Taruni STIP, diantaranya Senam Balok, Kolone Senapan, Senam Cha-Cha dan ditutup oleh Display Marching Band.